Selasa, 31 Januari 2012

Saint Nicholas vs Santa Claus

Sebenarnya siapa sich St. Nicholas dan apa hubungannya dengan Santa Claus yg gendut dan berbaju merah yg selalu muncul saat Natal dengan tertawanya yg khas "hohoho..."?

Saint Nicholas (Greek: Ἅγιος Νικόλαος, Hagios ["Saint", Mengacu pada pengertian "Suci", Latin: Sanctus] Nicolaos ["Kemenangan bagi Rakyat"]) (270 – 6 December 343), yg jg disebut Nikolaos of Myra, yg mana pada catatan sejarah Orang Suci pada abad ke-4 dan seorang Biarawan asal Yunani yg melakukan pelayanan di Myra (Demre, Kota di sebelah selatan negara Turkey) di Lycia. Dikarenakan begitu banyaknya keajaiban dan campur tangan yg dilakukan selama dia hidup, maka dia jg dikenal sebagai Nikolaos the Wonderworker (Pelaku Mujizat) (Νικόλαος ὁ Θαυματουργός, Nikolaos ho Thaumaturgos). Dia jd
mendapatkan julukan sebagai orang dengan reputasi sebagai pemberi tanpa pujian, seperti membagikan uang koin (mata uang jaman dahulu umumnya terbuat dari koin dengan bahan berbeda untuk dijadikan alat tukar) kedalam kaus kaki (karena jaman itu udara dingin dan orang miskin tidak sanggup membeli baju hangat sehingga kaus kaki sebagai media untuk membantu menghangatkan) yg dia tinggalkan untuk mereka yg membutuhkan, dan kemudian dia menjadi sebuah sosok yg kita kenal dengan nama Santa Claus, Sebuah nama adaptasi modern yg di Belanda disebut dengan Sinterklaas, nama ini merupakan kumpulan dari ragam bahasa yg meniadakan beberapa huruf dan mengganti atau mengkorupsi transliteration dari kata "Saint Nikolaos". Kemudian reputasinya berkembanf dengan begitu pesat dengan dukungan kepercayaan pada awal orang-orang Suci Kristen. Pada 1087, mengacu pada peninggalan-peninggalannya yg dengan diam-diam mengacu pada penemuan di Bari, Sebelah selatan Italy; untuk alasan ini dia jg dikenal dengan sebutan Nikolaos of Bari. Hari perayaannya adalah 6 December (kematiannya) [O.S. 19 December] (kalender model lama 19desember mengacu pada kalender romawi).

Saint Nicholas lahir di Yunani sekitar abad ke-3 di kota Patara (Lycia et Pamphylia), yg mana adalah kota pelabuan di Mediterranean Sea,[11] dan dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di Myra, Lycia[12] (sekarang kita mengenalnya dengan nama Demre, Turkey), ketika mewariskan Kebudayaan & Agama di Yunani berkembang pesat melihat pada bagian dari Keuskupan Roma untuk Asia. Dia adalah anak satu-satunya dari keluarga Kristen terpandang yg bernama Ayah Epiphanius (Ἐπιφάνιος) dan Ibu Johanna (Ἰωάννα) mengacu pada suatu sumber dan sumber yg lain mengatakan dia anak dari Theophanes (Θεοφάνης) and Nonna (Νόννα). Dia adalah orang yg sangat taat beribadah pada masa kecilnya dan menutut suatu sumber, dia melakukan hukum puasa yg ditetapkan Gereja-gereja jaman itu dengan taat tiap hari rabu dan jumat. Kedua orang tuanya meninggal karena epidermis ketika dia masih sangat muda dan dibesarkan oleh pamannya—yg bernama Nicholas jg—yg mana merupakan Biarawan di Patara. Dia menjadi Biarawan yg dikenal seperti tonsured, Nicholas muda dikenal sebagai reader (pembaca liturgi), dan akhirnya sebagai presbyter (priest).


Lalu apa saja yg menjadikannya begitu terkenal?

ada begitu banyak kebaikan yg telah dia perbuat semasa belau hidup namun sayangnya kebaikannya telah disalahgunakan untuk budaya yg salah dan komersialisasi. berikut adalah beberapa karya kebaikan yg telah beliau torehkan untuk kita contoh kebaikannya dan jadi teladan. Beliau hidup dibawah pemerintahan Emperor Diocletian, yg secara keji menyiksa dan membantai penganut Kristen, Biarawan yg taat pada Imannya pada Isa, sehingga mereka disiksa dan diasingkan dalam penjara. Penjara-penjara itu diketahui penuh dengan Biarawan, Pendeta, dan Diakoni-diakoni Gereja dan arna banyaknya penganut Kristen yg ditahan, sehingga tidak ada cukup ruangan untuk menampung Penjahat dan Kriminal (dalam artian sesungguhnya) serta para pembunuh, pencuri, dan perampok. Setelah dibebaskan dari penjara, Nicholas Menghadiri (Sidang Gereja Gabungan Pertama) Council of Nicaea pada AD 325. Dia meninggal pada December 6, AD 343 di Myra dan dimakamkan di Gereja Katedralnya, yg mana terdapat relic unik, yg disebut manna, diletakkan bersama dia di makamnya. Kemudian hari meninggalnya dikenang dan dirayakan sebagai St. Nicholas Day, December 6th (December 19 pada Julian Calendar).

Ada sebuah cerita yg menggambarkan tentang seorang pria miskin dengan 3 putrinya. Suatu hari salah satu putrinya hendak menikah dan untuk menikah mereka memerlukan mahar (mas kawin) yg berharga untuk calon mempelai pria. Mahar yg besar dan mahal, adalah kesempatan yg besar untuk seorang wanita untuk mendapatkan calon suami yg baik. Tanpa Mahar maka seorang wanita tidak diperkenankan menikah. Putri keluarga miskin ini, tidak memiliki dowries (mahar), dilain sisi mereka cuma merasa ditakdirkan seperti menjadi budak saja. Suatu hal misterius terjadi ketika mereka menemukan 3 kantung penuh dengan emas yg dapat mereka jual untuk membeli keperluan membeli Mahar dan keperluan hidup mereka. Kantung-kantung itu dilemparkan melalui jendela dengan menggunaan kaus kaki dan dilemparkan mendekati perapian agar kantung ini kering (karna ini bekas dan dipakai setelah berjalan dalam cuaca dingin). Hal ini mengantarkan kebiasaan ini menjadikan setiap kaus kaki yg digantungkan dekat perapian menjadi tanda agar mereka mendapat kado istimewa dari Saint Nicholas. terkadang tak hanya emas, tp buah dan mainan untuk anak-anak, sehingga ini menjadi salah satu simbol mengenang St. Nicholas. Dan juga kebiasaan untuk ditiru dari St. Nicholas yaitu saling memberi.


selain itu, dia membantu begitu banyak oran dan melakukan hal-hal yg menakjubkan, sehingga dia sendiri disebut orang Suci dan keuskupan mengangkat dia menjadi Uskup di Myra setelah Uskup sebelumnya wafat.

Diceritakan pula bahwa St. Nicholas jg pernah menyelamatkan 3orang dari hukuman mati dikarenakan mereka beriman dan mereka seorang yg tidak bersalah dan dihukum sebab hasutan dari orang yg ingin menjatuhkan 3 orang itu. cerita dapat dilihat di http://www.stnicholascenter.org/pages/emperor-dreams/






Semua orang mencintai Santa Claus. Dia memberikan kebahagiaan, suka cita, dan semangat memberi—hangatnya kebahagiaan pada musim Natal. Lalu pertanyaan yg sering keluar apa beda Santa Claus dengan sosok St, Nicholas?
Santa Claus milik anak-anak;
St. Nicholas models untuk semua aspek kehidupan.
Santa Claus, seperti yg kita tau, dia meningkatkan daya jual saat musim Natal—Pesan Komersial Natal;
St. Nicholas menceritakan tentang karya Juruslamat dan pendamai, harapan bagi semuanya—pembawa pesan Natal yg sesungguhnya.
Santa Claus mendorong untuk meningkatkan konsumsi;
St. Nicholas mendorong untuk meningkatkan perasaan toleransi dan kasih.
Santa Claus muncul tiap tahun untuk dilihat dan didengar dalam tempo singkat;
St. Nicholas adalah bagian dari kumpulan orang suci atau saints, yg berada disekitar kita dan selalu mendoakan kita dan menjadi teladan.
Santa Claus terbang di udara—berasal dari Kutub Utara;
St. Nicholas berjalan diatas bumi—membawa apa yg dibutuhkan bagi mereka yg kekurangan.
Santa Claus, untuk suatu tujuan, menggantikan sosok bayi yg berasal dari Bethlehem;
St. Nicholas, untuk keseluruhan, mereferensikan sosok bayi yg berasal dari Bethlehem.
Santa Claus tidak buruk;
St. Nicholas hanya lebih baik.

J. Rosenthal & C. Myers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar