Selasa, 31 Januari 2012

Kelahiran Isa

Ada yg bertanya-tanya dan sering kali menjadi pertanyaan, sebenarnya kapan Isa lahir dan apakah benar Isa lahir pada 25desember?

mengingat banyaknya argumen dan banyaknya pertentangan dari banyak pihak yg mengklaim bahwa kelahiran Isa ada yg menyebutkan bulan January, ada yg bulan April, May, September, dll. Lalu sebenarnya kapan? serta disebutkan sudah 300th Kelahiran Isa tidak dirayakan dan tidak ada yg tahu pasti kapan lalu mengapa sekarang kita merayakannya?



Didalam Kitab Suci Injil dan berbagai sumber menyatakan tidak ditemukan catatan kapan Isa lahir, namun kita mengetahui dari berbagai sumber bahwa ditemukan bukti bahwa Isa lahir pada saat Bintang Terang muncul di Bethlehem meski tidak diketahui kapan pastinya. Tapi beberapa teori yg muncul telah meramaikan dunia tapi ada suatu kesimpulan yg lebih tepat dan cukup mendekati dari segi astrology, theologian dan Historian yg menyebutkan Isa lahir pada April 17.

Pertentangan demi pertentangan telah banyak muncul dan dapat dijawab dengan berbagai bukti dan mengingat catatan peninggalan di perpustakaan "Laut Mati" terlengkap yg ditemukan dan pencocokan pada letak peta bintang pada 2000th yg lalu, maka ditemukan bukti yg cukup mendekati fakta bahwa Isa memang lahir BUKAN DESEMBER 25. Begitu banyak pertentangan akan hal ini tapi kenapa yg dipilih desember? hal ini akan dijawab dibawah dan hal unik mengenai kelahiran Isa bila menggunakan patokan Desember 25 maka kita akan menemukan bulang kelahiran yg sudah pasti bukan bulan-bulan yg ditebak diatas melainkan March 25. coba hitung mundur dari Desember selama 9bln maka akan ditemukan bulan maret bukan?

Bila Memang bukan December. lalu apa hubungannya dengan bulan DESEMBER dengan kelahiran Isa yg kita kenal sekarang dan kita rayakan?
jawaban ini cukup mudah, tapi tidak banyak yg tahu bahkan banyak orang Kristen pun tidak tahu alasannya mengapa, hal ini dikarenakan masuknya berbagai kebudayaan Pagan (Kafir) yg masuk dan lebih populer daripada sejarahnya. Selain itu pada penanggalan yg dipakai berbeda dengan jaman sekarang. Sehingga mengacu pada kalender yg ditetapkan Caesar Romawi. Sehingga beberapa Gereja memperdebatkan perayaannya mau dijatuhkan pada kapan? sehingga ada yg merayakan January 06 pada mula-mula. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Natal dirayakan bulan Desember.

  1. Banyak orang yg telah melupakan kapan tepatnya tanggal Isa lahir, dikarenakan begitu banyak perayaan yg dihelat dijaman itu. Terutama begitu terkenalnya perayaan Paskah dan berbagai perayaan yg lain sehingga tanggal kapan tepatnya Isa lahir tidak tercatat.
  2. Adanya suatu perayaan dari bangsa Kafir yg berlangsung untuk memuja dewa saturnus (dewa orang Romawi), yg berlangsung 17-23desember. Bangsa Romawi merayakannya dengan cara pesta pora, berjudi dan melakukan sex dengan siapa saja bahkan pada para Budak sekalipun. Sehingga tradisi terkutuk ini harus dihapuskan dengan menentangnya secara merayakan tradisi baru yg bertentangan dengan tradisi ini yaitu kita merayakan Kedatangan (Kelahiran) Juruslamat yg menebus dosa kita dengan mati diatas kayu salib.
  3. Merujuk pada keputusan Sidang Majelis Gereja yg menetapkan tanggal 25 Desember sebagai perayaan untuk mengingat Kelahiran Isa.

Lalu apa kaitan Santa Claus yg Dirayakan pada Natal serta bagaimana asal muasalnya?
Hal ini menarik karena merujuk pada sejarah yg terjadi pada abad ke-4 ada seorang Wali Gereja (Pendeta / Pastur / Biarawan) yg memiliki hari special di bulan December. Tepatnya setiap 06 December dia selalu membagi-bagikan kebahagiaan kepada banyak orang, sehingga ketika beliau meninggal banyak orang merayakan 06 December dengan mengenang sebagai hari St. Nicholas yg mereka tetap teruskan tradisi membagi-bagikan kado dan kebahagiaan kepada banyak orang. Namun demi meraup keuntungan, sosoknya dijadikan bahan komersialisasi. Sehingga sangat disayangkan sosoknya yg baik dijadikan media penyesat dan dijadikan pusat perayaan Natal yg notabene sebenarnya merayakan kelahiran Isa, namun budaya America menjadikannya menjadi sosok budaya baru yaitu Santa Claus yg tidak ada hubungannya dengan Makna Natal sesungguhnya.
Sekarang bukan tanggal maupun kapan yg lebih tepat Isa lahir, namun makna dari Natal itu sendiri yg harus kita kenal dan kita perhatikan. Ada yg bertanya bila Isa tidak lahir di 25 December, lalu mengapa kita merayakannya atau apa akan diganti bukan December lagi? Jawabannya tentu saja "Kita tetap merayakannya dan tidak perlu diganti".
Apakah hal ini akan mempengaruhi Natal yg telah ada sekarang? Apakah hal ini akan memicu perubahan perayaan Natal? Jawabannya tentu saja tidak, apa yg sudah ada tidak perlu dirubah hanya pemahaman dan cara merayakan Natal sendiri itu yg perlu dirubah menjadi yg benar bukan seperti orang-orang kafir dan Atheists yg jg merayakan Natal tp dengan ragam yg salah. Sehingga kita yg tau kebenaran ini harus menyadarkan siapa saja yg tidak tahu akan sejarah dan makna Natal yg sesungguhnya.
Disebutkan bahwa "Jesus is the reason for the season" tapi tidak pernah ada perayaan sejak permulaan. Sekarang Natal dirayakan untuk menyambut tuhan kado dan permen. Santa Clause bukanlah nama dari tuhan dan berhati-hatilah pada dia yg menyimpan daftar siapa yg nakal dan baik. Pada akhirnya mengacu pada pengajaran untuk mengikuti tuhan ini.
PENGHARAPAN kita, PENEBUS, dan JURUSELAMAT kita ada di dalam Isa bukan Santa. Ketika sekarang nampaknya banyak yg lebih percaya pada santa bukan pada Isa. Sekarang siapa yg lebih kamu pilih untuk diikuti?

Selamat Menikmati Makna Natal Sesungguhnya, Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar