Jumat, 03 Februari 2012

Xmas vs Christmas

Banyak orang di belahan dunia manapun masih memakai 'kalender Gregorian' yg merupakan implementasi dari Pope Gregory XIII pada 1582. sebelum kalender 'Roman' atau kalender Julian dipakai (dinamakan dari nama Julius Caesar). Kalender Gregorian lebih akurat daripada kalender Roman yg memiliki hari lebih banyak dalam setahun! Ketika dikonversikan maka kita kehilangan 10 hari, hal ini dilihat ketika dipakai pada 4th October 1582 yg sebelumnya tanggal 15th October 1582. Di UK (Inggris Raya) perubahan kalender dipakai pada 1752. Kemudian hari setelah 2nd September 1752 menjadi 14th September 1752.

Banyak Gereja Orthodox dan Coptic masih menggunakan kalender Julian Calendar dan masih merayakan Natal pada 7th January. Dan Gereja Armenian merayakannya pada 6th January! Di sebagian UK, January 6th masih disebut sebagai 'Old Christmas' seperti yg diketahui, pada saat itu Natal pasti dirayakan pada tanggal semestinya bila kalender sebelumnya tidak diganti. Sebagia orang tidak ingin menggunakan kalender baru dan seperti yg sudah diduga, mereka melakukan 'kecurangan' dengan melakukannya selama 11 hari!

Natal dipercaya bahwa kita mengenal Isa sebagai pembawa terang dunia, dengan perayaan pertama kita diajarka secara benar mengenai perayaan kelahira Isa. Meski dibalut dengan beberapa tradisi yg berawal pada titik balik matahari pada musim dingin dan mengajarkan pada umat Kristen arti dan makna Natal sebenarnya seperti mengajarkan tentang Holly, Mistletoe dan bahkan Christmas Carols! St Augustine adalah orang yg benar-benar pertama memulai perayaan Natal di U.K. dengan memperkenalkan pada orang Kristen disana pada awal abad ke-6th. Dia mengunjungi beberapa negara yg masih menggunakan kalender Roman, sehingga negara-negara di barat dapat merayakan Natal pada 25th December. Kemudian orang-orang di Inggris dan Eropa barat mengodopsi dan melanjutkan tradisi Natal itu keseluruh dunia pada 25th December!

Nama 'Christmas' berasal dari kata the Mass of Christ (atau Isa). Sebuah Pelayanan Massal (Mass) (yg mana juga disebut sebagai Komunitas atau Eucharist) yg mana umat Kristern mengenang kematian Isa dan bangkit dari Kematian. Pelayanan 'Christ-Mass' hanya diperkenankan bila matahari telah menunjukan senja(dan sebelum fajar esok harinya), sehingga orang-orang melakukan ibadah tengaf malam! Sehingga kita menyebutnya sejak saat itu Ibadah mengenang Isa atau Christ-Mass, disingkat Christmas.

Christmas juga identik dengan kata Xmas. Beberapa orang tidak memikirkan apa kata yg tepat untuk menyebut Christmas 'Xmas' seperti menggantikan kata the 'Christ' (Isa) keluar (bekas / -ex) dari pengertian Christmas. Tetapi sebenarnya ini tidak benar! Dalam bahasa Yunani dan alfabetiknya, huruf X sama dengan chi / Χ (dibaca 'kye' - seirama dengan 'eye') yg mana merupakan huruf pertama dalam kata yg mengacu pada kata untuk Christ, Christos.

Gereja pertama kali masih menggunakan 2kata dari Christos dalam alphabet Yunani 'chi' dan 'rho' yg membentuk sebuah monogram (symbol) yg mereferensikan nama dari Isa. Ini dilihat dari X dengan p kecil diatasnya: ☧

Symbol seperti ikan digunakan kadang-kadang oleh orang Kristen (bila kadang-kadang melihat lambang ikan pada kapal atau mobil seseorang atau ketika orang menggunaka lencana ikan). Hal ini berasal pertama kali ketika umat Kristen melakukan pertemuan rahasia, ketika bangsa Romans ingin membantai mereka (sebelum Emperor Constantine menjadi Kristen). Isa mengatakan bahwa semua muridnya akan dijadikan 'Penjala Manusia' 'Fishers of Men', sehingga mereka mulai mengenakan symbol itu.

Ketika 2orang Kristen bertemu, seorang akan menggambar separuh gambar ikan yg sederhana (sering kali menggunakan kayu diatas tanah atau pasir) dan orang yg lain menggambar separuhnya. Bahasa Yunani dari ikan yaitu 'Ikthus' atau 'Ichthys'. Dimana terdapat 5 huruf yg melambangkan kata ini. Hal ini juga membuat kalimat Kristen dipercaya sebagai 'Ie-sous Christos Theou Huios So-te-r' yg dalam English berati "Jesus Christ, Son of God, Saviour" (Isa Almasih, Anak Allah, Juruslamat). Huruf selanjut dari 5huruf ini menggunakan X atau Christos!

Jadi Xmas juga berarti Christmas; tetapi tetap dibaca 'Christmas' bukan seperti 'ex-mas'!

Selamat Menikmati Makna Natal Sesungguhnya, Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar